Mengatur Permission Key Registry

Sekuriti registry sama dengan sekuriti system file hanya saja Anda mengeset permission untuk key, bukan value. Selain itu, kotak dialog terlihat sama, permission-nya sama, dan seterusnya.


Pilih Key

Jika mempunyai kontrol penuh atau sebagai pemilik key registry, Anda bisa mengedit permission untuk user atau grup. Pada Regedit, pilih key yang ingin Anda edit. Pada menu Edit, klik Permission. Pada daftar Group or user names, klik user atau grup yang permission nya ingin diedit. Anda bisa memasukkan user atau grup ke ACL key. Klik Add. Pada kotak dialog Select Users or Groups, klik Locations, dan kemudian klik computer, domain, atau organizational unit tempat user atau grup berada. Pada kotak Enter the object names to select, ketik nama user atau grup yang ingin dimasukkan.

Pilih User

Jika tidak tahu nama user atau grup, Anda bisa mencarinya. Pertama, jika bisa, perluas pencarian dengan mengklik Advanced, dan kemudian klik Find Now. Klik nama user atau grup yang ingin Anda masukkan ke ACL key, dan kemudian klik OK. Anda bisa lebih memperluas pencarian dengan mengklik Object Types dan kemudian hilangkan tanda centang pada kotak Built-in security principals. Pastikan user yang baru saja dimasukkan terpilih dan kemudian pilih check box pada kolom Allow atau Deny untuk memperbolehkan atau melarang.

Pilih Permission

Full Control memberikan permission ke user atau grup untuk membuka, mengedit, dan mengambil alih kepemilikan key. Permission ini memberikan kontrol penuh terhadap key. Read memberikan permission ke user atau grup untuk membaca isi key, tetapi tidak untuk menyimpan perubahan yang dilakukan (anggap sebagai readonly). Special Permissions memberikan kombinasi permission ke user atau grup. Kadang-kadang check box pada Permissions for name berwarna abu-abu. Anda tidak bisa mengubah mereka. Alasannya adalah karena key mewarisi permission dari parent key.

Atur Special Permission (1)

Special permissions memberikan kontrol yang lebih bebas dibanding Full Control dan Read. Anda bisa memperbolehkan atau melarang user untuk membuat subkey, mengeset value, membaca value, dan seterusnya. Anda bisa lebih mendetail. Untuk memberikan special permissions, klik Advanced. Klik ganda user atau grup yang ingin diberi special permissions. Kotak dialog Permission Entry for name tampil. Pada daftar Apply onto, klik salah satu. This key only memberlakukan permission ke key yang dipilih saja. This key and subkeys memberlakukan permission ke key yang dipilih dan semua subkey-nya.

Atur Special Permission (2)

Pada This key and subkeys bisa dibilang bahwa permission diberlakukan ke seluruh branch. Subkeys only memberlakukan permission ke semua subkey, tetapi tidak ke key itu sendiri. Pada daftar Permissions, pilih check box Allow atau Deny untuk masing-masing permission yang ingin Anda perbolehkan atau larang. Full Control memberikan semua permission. Query Value memberikan permission untuk membaca value dari key. Set Value memberikan permission untuk mengeset value key. Create Subkey memberikan permission untuk membuat subkey.

Atur Special Permission (3)

Enumerate Subkeys memberikan permission untuk mengidentifikasi subkey. Notify memberikan permission untuk menerima notifikasi event dari key. Create Link memberikan permission untuk membuat link simbolis pada key. Delete memberikan permission untuk menghapus key atau value-nya. Write DAC memberikan permission untuk menulis ke discretionary access control list milik key. Write Owner memberikan permission untuk mengubah pemilik key. Memberikan permission untuk membaca discretionary access control list milik key. Klik OK.

Permission dari Parent Key

Pada waktu Anda melihat ACL milik subkey, check box Allow di sebelah Full Control untuk grup tersebut akan berwarna abu-abu karena Anda tidak bisa mengubah permission yang diwarisi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur inheritance. Pertama, buat supaya subkey tidak mewarisi permission dari parent key: pada kotak dialog Advanced Security Settings For Key, hilangkan tanda centang pada kotak “Inherit from parent…”. Kedua, Anda bisa menimpa ACL subkey untuk mereset seluruh branch supaya sama de ngan ACL key: beri tanda centang kotak “Replace permission entries…”.

Referensi :
[Gunung Sarjono] Majalah PCMedia "WORKSHOP: WINDOWS XP" Hal. 114 (08/2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar