Mengatur Shortcut Program

Setiap aplikasi yang terinstal secara otomatis tampilan shortcut-nya akan menggunakan aturan standar yang dimiliki setiap aplikasi. Misalnya dengan icon dan nama yang standar. Kedua hal ini dapat Anda ubah. Tidak hanya itu saja, jika aplikasi mengalami ketidakcocokan dengan operating system atau layar, Anda dapat menyesuaikannya juga.

Ganti Nama


Mengganti nama shortcut aplikasi sama halnya dengan mengganti nama shortcut file atau folder. Caranya ada dua macam; yang pertama adalah dengan menekan mouse sebalah kanan lalu pilih properties. Pada halaman general ada boks paling atas yang berisikan nama sebelumnya. Anda hanya perlu menghapusnya dan langsung menggantinya dengan nama yang dikehendaki. Cara yang kedua lebih mudah lagi, yaitu klik kanan lalu pilih rename, setelah itu masukan nama shortcut yang baru lalu tekan Enter.

Ganti Icon


Mengganti icon program sama halnya juga dengan mengganti icon shortcut pada umumnya. Caranya, yaitu dengan menekan tombol kanan mouse setelah memilih shortcut yang dikehendaki. Kemudian pilih Properties. Lalu buka bagian Shortcut, setelah itu tekan tombol
Change Icon. Anda dapat langsung memilih icon yang tersedia didalamnya. Namun jika ada icon tersendiri yang diinginkan, tekan saja tombol Browse. Kemudian tentukan di mana icon yang dikehendaki.

Ganti Ukuran Jendela


Setiap kali aplikasi terbuka ukuran layar yang digunakan tidaklah selalu sama. Kadang membuka dengan maksimal kadang tidak. Semua ini dapat diatur, baik melalui aplikasinya atau kadang melalui properties shortcut-nya. Cara mengatur bukaan layar aplikasi ini adalah sebagai berikut: klik kanan pada shortcut lalu pilih properties. Setelah itu, bukalah bagian shortcut. Pada bagian shortcut ada drop down box Run. Dalam boks ini, Anda dapat memilih Normal Windows, Maximize, dan Minimize.

Kompatibilitas OS


Apakah aplikasi yang Anda jalankan kompatibel dengan operating system Windows XP yang Anda miliki pada komputer? Jika Anda dapat memilih untuk menjalankan aplikasi pada lingkungan operating system yang Anda ketahui aplikasi dapat dijalankan. Misalnya di Windows T atau Windows 95. Opsi ini terdapat dalam properties shorcut (klik kanan pada shortcut lalu pilih properties) bagian Compatibility. Ada boks Compatibility Mode, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi dengan lingkungan Windows 95, 98,
Me, NT, dan Windows 2000. Sebelum memilih versi Windows-nya, aktifkan dulu opsi ini dengan memberikan tanda centang pada opsi “Run this program in compatibility mode for:”

Kompatibilitas Layar


Jika pada langkah sebelumnya menentukan kompatibilitas dengan operating system, maka pada langkah selanjutnya adalah menentukan kompatibilitas aplikasi dengan layar yang digunakan. Anda dapat memiliki tiga opsi sekaligus. Yang pertama adalah jumlah warna. Aplikasi dapat dijalankan dengan 256 warna saja. Yang kedua adalah resolusi layar, aplikasi dapat diminta untuk dapat dijalankan pada layar beresolusi 640x480 dpi. Dan yang ketiga adalah opsi untuk menlumpuhkan tampilan visual.

Compatible User


Anda dapat memilih user untuk menjalankan aplikasi, sehingga jika login komputer ternyata bukan milik Anda tetapi Anda ingin menjalankan aplikasi dengan data Anda, maka Anda tinggal memasukkan username dan password saja setiap kali palikasi dijalankan, tanpa harus melalui proses logoff. Caranya buka properties shortcut, lalu tekan tombol Advanced. Setelah itu berikan tanda centang pada opsi Run with different credential. Setelah itu tekan tombol Ok. Jika sudah aktif, setiap kali Anda menjalankan apliaksi tersebut, Anda akan ditanyakan apakah akan menjalankan dengan username yang sama dengan login Windows atau ingin menggunakan username lain.

Menambahkan Shortcut Key


Anda juga dapat melengkapi aplikasi dengan shortcut key yang menggunakan keyboard, sehingga tidak perlu lagi menggunakan mouse mencari untuk aplikasi atau shorcut-nya. Cukup tekan shortcut keyboard-nya, maka aplikasi sudah dapat diaktifkan. Cara membuatnya, pada properties shortcut, buka bagian shortcut lalu arahkan kursor ke boks Shortcut Key, kemudian tekan langsung tuts keyboard yang akan Anda gunakan sebagai shortcut. Misalnya Crtl + Alt + K. Yang perlu Anda jaga adalah jangan sampai perubahan yang Anda lakukan mengganggu jalannya aplikasi. Oleh sebab itu, jangan pernah mengubah target aplikasi jika Anda masih menginginkan aplikasi yang bersangkutan dapat dijalankan.

Referensi :
[Fadilla Mutiarawati] Majalah PCMedia "WORKSHOP: WINDOWS XP" Hal-112 (07/2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar