Disable Desktop Properties

Anda yang “sensitif” dengan tampilan Windows tentunya tidak ingin tampilan yang sudah diatur sedemikian rupa diubah dengan mudahnya oleh orang lain. Tentu saja Anda akan repot-repot lagi mengatur ulang penampilan Windows agar sesuai dengan selera Anda.

Bagaimana cara melindungi desktop Anda agar tidak mudah diubah-ubah oleh orang lain, baik wallpaper, screensaver, dan lain lain? Cara yang paling praktis adalah dengan menyembunyikan ikon Display di Control Panel. Tetapi sayangnya, cara ini akan sedikit merepotkan dan mudah “ditembus” karena orang hanya akan mencari file bernama desk.cpl. Lalu bagaimana cara ampuhnya? Yaitu dengan men-disable Display properties ini melalui registry. Ikuti langkah berikut

  1. Jalankan Registry editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada Start>Run
  2. Masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Policies\System
  3. Buatlah data DWORD (Edit>New>DWORD value) dengan nama nodispcpl
  4. Backup-lah key tersebut, melalui Registry>Export registry file. Pem-backup-an ini bermaksud mempermudah membuka proteksi yang kita buat ini.
  5. Setelah mem-backup, klik ganda data DWORD tersebut kemudian gantikan isinya dengan 1 Untuk melihat hasilnya, Anda dapat menjalankan Display properties baik melalui Control Panel, atau menu konteks pada desktop. Untuk membuka proteksi ini, Anda dapat mengganti nilai 1 tersebut menjadi 0 atau mengimpor file .reg yang kita buat tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar