Menyembunyikan Menu dengan Registry Editor

Sembunyikan Menu dengan Registry Editor

Banyak menu yang penampakannya tidak terlalu penting khususnya untuk beberapa user. Bahkan tidak jarang menampakkan menu dapat membuat user yang tidak kompeten melakukan perubahan-perubahan yang sifatnya merusak atau mengganggu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda melakukan hal ini jika memang dianggap perlu.


1. Sembunyikan Menu Find



Anda dapat menyembunyikan menu Find agar user yang sedang menggunakan komputer Anda tidak dapat menggunakan menu ini untuk kepentingan yang tidak diinginkan. Misalnya mencari dokumen yang tidak seharusnya dapat ia temukan. Caranya: masuklah ke dalam:

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Kemudian pada halaman di sebelah kanan klik kanan dan pilih New, DWord Value. Lalu berikan nama ‘NoFind’. Setelah itu klik ganda pada DWord ‘NoFind’ dan berikan nilai 1.

2. Sembunyikan Recent Doc...



Penyembunyian shortcut-shortcut pada recent document akan menutup kemungkinan file sebelum untuk terakses dengan orang lain. Sehingga orang lain tidak akan mengubah file yang baru saja Anda buka. Cara menyembunyikannya buka:

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Lalu buat DWord baru seperti langkah di atas dan berikan nama ‘NoRecentDocsMenu’. Kemudian berikan nilai 1 pada DWord baru tersebut. Maka, recent document Anda tidak akan lagi memunculkan isinya.

3. Sembunyikan Menu Run



Anda dapat juga menyembunyikan menu Run. Mengingat menu run dapat membuat seseorang menjalankan beberapa aplikasi tertentu yang berbahaya bagi system seperti regedit, msconfig, dan masih banyak lagi. Cara menyembunyikannya sama dengan langkah-langkah berikutnya, yaitu masuk ke:

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Lalu buat DWord baru dan berikan nama ‘NoRun’. Kemudian berikan nilai 1 pada DWord baru tersebut.

4. Sembunyikan Control Panel



Sembunyikan juga control panel! Mengingat di dalamnya banyak sekali menu yang erat kaitannya dengan system Anda. Meskipun login-nya sudah diatur, tetap saja ada beberapa menu yang dapat aktif. Cara menyembunyikan control panel adalah sebagai berikut: buka

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advance.

Ganti nilai DWord ‘Start_ShowControlPanel menjadi 0. Jika belum ada DWord tersebut, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu seperti pada langkah sebelumnya.

5. Sembunyikan Log Off



Log off disembunyikan agar seseorang tidak sembarangan menggunakan login ID yang lain selain yang diperbolehkan. Log off ini sangat berguna juga bagi komputer yang digunakan dalam penyewaan. Cara menyembunyikan opsi ini adalah buka

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Lalu klik kanan pada bagian sebelah kanan dan pilih New, Binary Value. Berikan nama padanya ‘NoLogOff’. Kemudian klik ganda pada Binary yang baru dan masukkan nilai 01 00 00 00.

6. Sembunyikan Shutdown



Selain opsi Log off, Anda juga dapat menyembunyikan opsi Shut-Down. Caranya cukup dengan pergi ke folder:

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer,

Lalu buatlah DWord baru. Berikan nama ‘NoClose’ pada DWord baru tersebut. Kemudian berikan nilai 1 pada DWord tersebut. Cara ini efektif agar orang lain tidak sembarangan mematikan computer yang Anda inginkan.

7. Nonaktif Display Properties



User terkadang suka usil mengganti wallpaper atau screensaver atau sekadar mengatur resolusinya yang tentunya dapat sedikit memberikan gangguan pada pengguna selanjutnya atau Anda sendiri. Bila diinginkan Anda dapat menghilangkan opsi ini. Caranya pergi Ke:

HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies.

Lalu pada folder buatlah sub-folder baru (klik kanan dan pilih New, Key). Berikan nama System. Kemudian di halaman sebelah kanan ‘System’. Buat DWord baru dengan nama NoDispCPL dan berikan nilai 1.


Referensi :
[Fadilla Mutiarawati] Majalah PCMedia "WORKSHOP: WINDOWS XP" Hal-112 (06/2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar