Menyembunyikan Tombol All Programs Dari Start Menu

Perihal Menyembunyikan atau menon-aktifkan menu dan fitur pada Windows sering kita temui pada artikel-artikel tentang tips & tricks program windows. Sebagian besar alasan menon-aktifkan kelebihan Windows tersebut adalah masalah keamanan komputer jika komputer Anda digunakan oleh banyak orang. Di balik banyak kelemahan yang dimiliki oleh Windows, harus diakui bahwa tidak sedikit orang yang justru memanfaatkan kelebihan Windows untuk mengusili sebuah sistem komputer.

Menu All Programs pada Start Menu misalnya, menu ini jelas-jelas bukan merupakan suatu bug pada Windows. Namun bagi pemilik warnet yang menginginkan sekuriti yang kuat pada komputer-komputer di warnetnya, bisa jadi akan merasa terganggu dengan fitur ini karena user dapat mengutak-atik program yang sudah terinstal dengan mudah. Salah satu solusi dari masalah di atas adalah dengan menyembunyikan tombol yang menampilkan daftar semua program yang telah terinstal ini. Nah, bagi Anda yang ingin menon-aktifkan tombol All Programs dari Start Menu, ikuti lagkah-langkah di bawah.
  1. Buka Registry editor melalui Start>Run>regedt32.
  2. Jika Anda ingin menu Programs tidak muncul hanya pada username yang Anda gunakan login, masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\. Sedangkan jika Anda ingin agar semua program tidak mucul pada semua username, masuklah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\.
  3. Pada key policies tersebut, buatlah sebuah DWORD value baru dengan nama NoStartMenuMorePrograms dan isi value-nya dengan nilai 1. Cara membuat DWORD value yaitu dengan mengklik kanan mouse pada bagian kanan window Registry editor kemudian pilih New>DWORD value.
  4. Setelah itu tutup window Registry editor dan restart PC Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah trik ini hanya dapat bekerja pada Start Menu dengan style Windows XP standar. Bukan Start Menu model klasik.

"Semoga Bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar